Bukit Tinggi

Bukit Tinggi merupakan dataran tinggi berhawa sejuk di wilayah Sumatera Barat. Kota ini dapat di tempuh selama kurang lebih 2 jam dari Kota Padang.  Kota ini pernah menjadi ibu kota negara Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI)Bukittinggi sebelumnya disebut dengan Fort de Kock dan dahulunya pernah dijuluki sebagai Parijs van Sumatra. Kota ini merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia, antara lain adalah Proklamator RI Bung Hatta dan Presiden RI, Assaat.Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk, dan bersaudara (sister city) dengan Seremban di Negeri SembilanMalaysia.(Sumber: Wikipedia)


Tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah Jam Gadang, yaitu sebuah jam besar mirip Big Ben yang terletak di jantung kota. Selain Jam Gadang, objek wisata lainnya adalah Goa Jepang, Ngarai Sianok, Benteng Fort De Cock dan Kebun Binatang Bukittinggi atau yang bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Kebun Binatang Bukittinggi dapat dijangkau melalui Jembatan Limpapeh di atas Jalan Ahmad Yani, yang menghubungkan kebun bintang tersebut ke Benteng fort De Cock.

Untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok dapat dilihat dari lokasi Lobang Jepang. Di lokasi Lobang Jepang merupakan taman yang nyaman. Masih banyak terdapat kera-kera yang berkeliaran. Di lokasi ini juga terdapat menara pandang untuk melihat Ngarai Sianok dari tempat yang lebih tinggi. Bagi yang ingin mencari cinderamata, banyak dijumpai pedagang cinderamata di lokasi ini. Di sekitar lokasi Jam Gadang, banyak di jumpai hotel-hotel dari yang non bintang sampai hotel bintang 4. Yang cukup terkenal adalah hotel The Hills, yang merupakan hotel bintang 4. 


 Benteng Fort De Cock

 Jembatan Limpapeh

Kota Bukit Tinggi dari Jembatan Limpapeh

Kebun Binatang Bukit Tinggi

Lobang Jepang

Ngarai Sianok
 

Kera-Kera di Lokasi Lobang Jepang


Pedagang Cinderamata di Lobang Jepang





1 comment:

  1. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete