Dieng Plateu

Dataran Tinggi Dieng terletak di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini sebagian masuk ke dalam wilayah Kabupaten Wonosobo dan sebagian lagi wilayah Kabupaten Banjarnegara. Dataran tinggi Dieng memiliki pemandangan alam yang indah dan juga terdapat candi-candi yang menambah daya tarik bagi kawasan ini. Secara administrasi dataran tinggi Dieng sebagian masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Wonosobo.

Selain daya tarik wisata, wilayah Dieng juga memiliki potensi di bidang agribisnis. Komoditas kentang merupakan komoditas utama di wilayah ini. Selain itu juga terdapat tanaman khas Dieng yaitu Carica berupa pepaya, Cabe Dieng dan juga Purwoceng. Carica umumnya dijadikan manisan. Sementara itu purwaceng berkhasiat untuk menambah stamina tubuh. Selain agribisnis, panas bumi juga merupakan salah satu potensi daerah yang dimiliki oleh datara tinggi Dieng. 

Di dataran tinggi Dieng terdapat Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Ketinggian Desa Sembungan sekitar 2.000 m dpl.

Beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi di Dieng beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Sunrise Bukit Sikunir;
2. Telaga Warna;
3. Telaga Cebong;
4. Telaga Cebong;
5. Dieng Plateu Theater;
6. Candi;
7. Kawah Sikidang
dan banyak lagi.

Bagi yang ingin menginap di Dieng, akomodasi yang tersedia adalah homestay. Banyak homestay denga harga murah di wilayah ini.Homestay yang termasuk direkomendasikan adalah Homestay Bougenvile dan Flamboyan. (Cp: Ibu Narti 0813.270.72.112). Harga per kamar di homestay ini Rp200 ribu dengan fasilitas air panas dan tempat tidur untuk 2 orang. Sarapan dikenakan biaya tambahan kurang lebih Rp20 ribu per orang.

Sementara itu untuk mencapai Dieng terdapat beberapa alternatif, yaitu;
1. Dari Jakarta naik kereta ke Purwokerto dilanjutkan jalan darat ke Dieng via 
    Banjarnegara atau Wonosobo. Purwokerto ke Dieng +- 2 jam
2. Dari Jakarta naik kereta atau pesawat ke Yogyakarta kemudian jalan darat       menuju Dieng (Yogyakarta - Dieng +- 4-5 jam)

Beberapa perlengkapan yang harus di bawa saat ke Dieng adalah sebagai berikut:
1. Baju hangat/jaket tebal
2. Obat-obatan pribadi
3. Kamera
4. Senter (bila ingin melihat sunrise di Bukit Sikunir)



Dataran Tinggi Dieng


Penjual Edelwis dan Kentang di Pintu Masuk Candi Arjuna


Kompleks Candi Arjuna


 Pasar Dekat Kawah Sikidang Yang Menjual Oleh-oleh Khas Dieng

 
Telaga Cebong 

Souvenir Dieng & camilan khas Dieng berupa Kentang Goreng

Manisan Carica dan Purwaceng

 
Kawah Sikidang

Desa Sembungan dan Dieng Plateu Theater 

  Pembangkit Listrik Tenaga Uap Geo Dipa

Telaga Warna

Carica dan Pengolahan Menjadi Manisan Carica

Dieng

 Homestay Bougenvile dan Flamboyan



1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai daerah-daerah di indonesia . Inilah cara yang baik untuk menjelajahi tempat yang indah di negara ini.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete