Misty Borobudur

Melihat Borobudur dari sisi yang lain dan berselimut kabut dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu serta ditambah Golden Sunrise sangat menakjubkan. Lokasi untuk melihat Borobudur tersebut ada di bukit Phuntuk Setumbu, Kabupaten Magelang.


Phuntuk Setumbu dapat ditempuh dari Yogyakarta. Berangkat dari Yogyakarta pada tanggal 12 Agustus 2013 pukul 3.15 dinihari dan sampai disana kurang lebih pukul 4.30. Setelah tempat wisata borobudur, kita belok ke kiri ke arah Hotel Manohara. Nanti akan ada tukang ojeg yang menanyakan mau kemana. Ojeg tersebut akan minta uang jasa sebesar Rp50 ribu untuk mengantarkan ke lokasi. Karena termasuk datang cepat, maka mobil bisa naik ke parkiran diatas dekat pintu masuk bukit. Saat itu sudah ada dua mobil yang parkir. Kemudian kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp35 ribu per orang. Sangat disarangkan untuk membawa senter karena jalan gelap. Perjalanan sekitar 15 menit yang menanjak dan cukup membuat ngos-ngosan. Di dekat lokasi untuk melihat Borobudur tersedia kamar mandi, dengan kunci yang rusak. Bagi yang mau menunaikan sholat subuh di sana terdapat menara pandang yang dapat dijadikan tempat sholat atau bawa koran. Musholla ada juga di bawah. 

Saat itu masih sepi hanya terdapat beberapa orang sehingga bisa mendapatkan spot yang bagus untuk hunting foto. Jangan lupa membawa tripod. Langit di bulan Agustus sangat cerah karena sedang kemarau. Miliaran bintang terlihat jelas di langit sehingga sangat disarankan untuk kesana saat musim kemarau. Udara dingin cukup menusuk. Suasana sangat indah. 

Lambat laun, pengunjung semakin banyak dan juga banyak terdapat turis mancanegara. Orang-orang sudah mulai jepret-jepret mencoba foto dan juga membidik foto bintang-bintang di langit. Dari kejauhan, terlihat lampu yang berasal dari Candi Borobudur. Setelah semakin hilang gelap dilangit, Gunung Merapi dan Merbabu mulai terlihat jelas setelah sebelumnya hanya bayang hitam yang kokoh. Perlahan cahaya kuning matahari memancar dengan lembut dari balik gunung. Begitu pula Candi Borobudur makin terlihat. Kemudian bintang-bintang mulai menghilang digantikan langit dengan saturasi warna kuning, orange dan biru. 
Semakin lama, makin terlihat kabut yang menyelimuti Borobudur. Seperti negeri diatas awan. Semua orang berdecak kagum. Pengunjung makin riuh karena terpesona dengan keindahan tersebut. Bunyi shutte kamera bersahutan mengabadikan keindahan ciptaan Allah SWT. Inilah yang ditunggu-tunggu, misty Borobudur

Pukul 6.30 sinar matahari semakin kuat dan keras dan menyilaukan, sehingga agak kesulitan untuk mengambil foto. Mendekati jam 7.00 pagi satu per satu mulai meninggalkan bukit Punthuk Setumbu. Ini merupakan salah satu Golden Sunrise dan negeri diatas awan terbaik yang pernah penulis saksikan setelah di Bromo.   

 Bintang-bintang













 Misty Borobudur







 Wisatawan



 Akses Ke Bukit Punthuk Setumbu

Pos Pembayaran Tiket



No comments:

Post a Comment