G Land Banyuwangi

G Land (Grajagan Land) terletak di Kabupaten Banyuwangi dan terkenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Daerah ini dikenal juga dengan nama Pantai Plengkung. Mungkin bila mendengar namanya ada yang sebagian berpikir ini bukan di Indonesia. G Land itu sendiri terletak di Taman Nasional Alas Purwo. 


Bila dilihat di peta tampak bahwa lokasi ini berada di buntut pulau jawa. Yang unik kita dapat menyaksikan sunset dan sunrise dari pantai G Land ini. Untuk menuju lokasi G Land kita melewati hutan Taman Nasional Alas Purwo dan menggunakan Jeep karena jalannya masih tanah. Sesampainya di Gapura Taman Nasional Alas Purwo, kita melewati ekowisata Mangrove Bedul. Dari sana kita naik perahu kayu menyebrang menuju pos Bedul. Di pos tersebut perjalanan dilanjutkan dengan naik Jip. Banyak terdapat kera yang berkeliaran di wilayah tersebut.   

Gapura Taman Nasional Alas Purwo 

 Eko Wisata Mangrove Bedul


Kera di Pos Masuk 

Ganti Kendaraan Jip

Selama perjalanan menuju G Land, banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi. Sempatkan untuk mampir di penangkaran penyu di Pantai Ngagelan. 

Penangkaran Penyu Pantai Ngagelan

Setelah dari penangkaran penyu kita dapat melihat savana Sadengan. Disana terdapat populasi Banteng yang dapat kita liat dari menara pandang atau dari bawah yang dibatasi pagar kayu. 

Menara Pandang Savana Sadengan

Savana Sadengan dan Sekumpulan Banteng

Sebelum mencapai G Land kita melewati pantai Parang Ireng yang berpasir putih dan pasirnya bulat seperti merica. Pasir pantai di parang ireng sangat mudah melesak kedalam saat kita berjalan diatasnya sehingga cukup menguras energi saat berjalan-jalan di pantai tersebut.     


Pantai Parang Ireng

Setelah dari pantai Parang Ireng, perjalanan diteruskan ke G Land. Dari lokasi ini, kita dapat melihat sunset dan sunrise. Sama seperti di Pantai Parang Ireng, pasir putih di G Land memiliki bentuk seperti merica.   

Sunset di G Land


Sunrise di G Land



Pantai G Land

Tempat menginap yang terkenal di sini adalah Joyo's Surf Camp. Sebagian besar tamu yang menginap disini adalah turis asing. Suguhan ikan bakar di penginapan ini sangat nikmat dan patut diacungi jempol karena ikannya yang segar dan kemahiran mengolah ikan serta sambal nya.   


Ikan Bakar untuk Santap Malam



Joyo's Surf Camp

 Grandong



No comments:

Post a Comment