Pulau Sebatik - Salah Satu Pulau Terluar Indonesia

Pulau Sebatik merupakan bagian dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Sebatik terbagi menjadi dua wilayah yaitu yang masuk wilayah Republik Indonesia (RI) dan Malaysia. Di pulau ini terdapat perbatasan darat dan laut dengan Malaysia.

Kita dapat menjumpai rumah penduduk yang bagian depannya berada di wilayah RI dan bagian belakang rumah bagian dari Malaysia. Tapal batas RI dan Malaysia terletak di wilayah Aji Kuning, yang ditempu sekitar 45-60 menit dari pelabuhan Binalawan. Untuk menuju tapal batas tersebut sebaiknya menggunakan mobil rental, saat tahun 2012 tarif rental sebesar +-Rp500 ribu plus bensin menggunakan Innova.



Suasana Perjalanan dari Pelabuhan Binalawan ke Tapal batas
Lokasi Tapal Batas Aji Kuning


Suasana perbatasan dengan Pos Jaga Perbatasan dan rumah penduduk yang sebagian masuk wilayah Malaysia


Tapal Batas

Suasana di perbatasan. Di seberang sungai adalah wilayah Malaysia

 Pangkalan TNI AL Sungai Pancang. Dilarang melakukan foto-foto di dalam pangkalan

Tawau Malaysia dilihat dari Pos TNI AL

Bendera RI dan Malaysia

 Ubur-ubur dilihat dari Pos TNI AL

Untuk mencapai Pulau ini dapat dijangkau dengan naik perahu dari Pulau Nunukan yaitu dari dermaga penyebrangan Sei Jepun. Perjalanan menggunakan kapal kayu dari Nunukan kurang lebih 30 menit dan akan berlabuh di Dermaga Binalawan, Desa Binalawan. Tidak hanya orang yang diangkut oleh perahu kayu tersebut, tapi juga sepeda motor. Banyak PNS yang bekerja di Pulau Sebatik tinggal di Pulau Nunukan, sehingga bila pagi hari kita banyak menjumpai PNS yang berangkat ke Pulau Sebatik. 


Dermaga Penyebrangan Sei Jepun Nunukan (kiri) dan Dermaga Binalawan Sebatik (kanan)

 Aktifitas penyebrangan

 Dermaga Binalawan Sebatik

Mata pencaharian dari sebagian besar penduduk di Pulau Sebatik adalah nelayan dan petani rumput laut. Dari informasi penduduk lokal, ikan tersebut lebih banyak langsung dijual ke Malaysia, yaitu ke Tawau. Sebagaimana halnya di Pulau Nunukan, di Pulau Sebatik banyak kita jumpai barang-barang dari Malaysia. Yang paling mudah diidentifikasi adalah tabung gas yang berasal dari Malaysia. Mata uang yang digunakan selain rupiah adalah ringgit. 


Petani rumput laut di Sebatik 

Rumah-rumah penduduk

 Tabung gas Malaysia

Objek wisata yang ada selain objek wisata perbatasan adalah pantai Batu Lamampau.


Pantai Batu Lamampau 

2 comments: