Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Pasar terapung Muara Kuin terletak di Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan. Bila ingin melihat aktiftitas pasar terapung ini, sebaiknya berangkat jam 5 pagi dari pusat kota dan bila ingin sholat subuh dapat menunaikannya di Mesjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin. Mesjid tersebut merupakan mesjid tertua di Kalimantan Selatan. Dari dekat Mesjid kita dapat menyewa jukung atau perahu dalam bahasa banjar. Dengan naik jukung kita menuju tempat pedagang di pasar apung kurang lebih selama 15 menit. Pada tahun 2010 tarif sewa jukung sebesar Rp100 ribu. Ada hotel di hari-hari tertentu menyediakan angkutan perahu gratis untuk melihat pasar terapung.

Di lokasi pasar terapung terdapat puluhan pedagang, utama nya sayur mayur yang menjajakan dagangannya di jukung. Bagi yang ingin sarapan, terdapat juga warung soto banjar terapung. Kita harus mendekatkan kapal untuk dapat makan di warung soto banjar terapung tersebut sehingga harus berhati-hati untuk pindah kapal ke warung soto banjar.
Bagi wisatawan sebaiknya turut membeli dagangan yang dijajakan oleh para pedagang di pasar terapung, selain untuk membantu ekonomi mereka juga agar aktifitas pasar terapung dapat terus terjaga. 

Aktifitas Pasar Terapung Muara Kuin






Warung Soto Banjar Terapung

No comments:

Post a Comment